Sabtu, 26 Desember 2015

MI RAUDLATUT THALABAH. MI Miftahul Falaah. Manajemen sekolah

A.    SEKOLAH PERTAMA
1.      Alamat sekolah pertama
a.       Nama Madrasah                : MI Miftahul Falaah
b.      Alamat
1) Jalan/Desa               : Jl. Sersan Suharmaji Gg.VII No.113 / Manisrenggo
2) Kecamatan              : Kota
3) Kota                        : Kediri
c.       Didirikan                           : Tahun 1949
d.      SK Pendirian                     : D/Mm.32/MI/0023/1993
e.       Status Tanah                     : Milik Yayasan
1)      Surat Kepemilikan Tanah   : Wakaf, Hibah, Pembelian.
2)      Luas Tanah                         : 845  m2

2.      Manajemen sekolah
1.      Visi Sekolah
Membentuk manusia yang beriman, berilmu, dan berakhlakul karimah.
Indikator :
a.       Unggul dalam aktifitas keagamaan.
b.      Memperoleh nilai ujian yang baik.
c.       Selalu mengikuti perkembangan jaman.
d.      Berpikir, bertutur, dan bertindak berdasarkan nilai-nilai luhur agama dan budaya.
2.      Misi Sekolah
a.       Menyiapkan manusia yang menguasai Iptek berlandaskan Imtaq.
b.      Menumbuh kembangkan motivasi siswa lebih aktif, kreatif, dan inovatif sesuai perkembangan zaman.
c.       Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama dan budaya bangsa.
d.      Menumbuhkan semangat berprestasi.

 
 


3.      Tujuan Madrasah Ibtidaiyah

 

Meningkatkan kualitas untuk mengacu pada rumusan visi dan misi, maka tujuan pendidikan.

a.       Meningkatkan kualitas tenaga kependidikan untuk mendukung KBM.
b.      Melaksanakan PBM yang mengarah pada program pembelajaran berbasis kompetensi dengan pendekatan PAKEMI.
c.       Meningkatkan pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler  yang sesuai dengan potensi dan minat siswa.
d.      Menciptakan manajemen partisipatif terhadap seluruh stakeholders.
e.       Menciptakan suasana lingkungan belajar yang Islami.

3.      Struktur Organisasi Sekolah
No. Urut
-          Nama
-          Tempat/Tgl. Lahir
-          NIP
-          Pangkat Golongan
L/P
Ijazah Tertinggi
Jabatan
Status Peg.
1.
FATHUL ULUM, S.Ag
KEDIRI, 07-03-67
NIP. 196703071991031005
Pembina   (IV A)
L
S.1
Kepala Madrasah
PNS
2.
ILYAS, S.Pd.I
KEDIRI,03-01-1971
NIP. 197101032005011002
Penata Muda (III a)
L
S.1
Guru kelas VI
PNS
4.
SA’DULLAH
KEDIRI,26-06-1959
L
ALIYAH
Guru Agama
GT
5.
SITI ASIYAH, S.Pd.I
KEDIRI,09-05-1970
P
S.1
Guru Kelas I
GT
6.
NURUL AZIZAH, S.Pd.I
KEDIRI,06-07-1970
P
S.1
Guru Agama
GT
7.
AKHMAD MUKAROM, S.Pd
KEDIRI,27-11-1978
L
S.1
Guru MTK
GT
8.
ARIF WIDODO, S.Pd
KEDIRI,02-05-1978
L
S.1
Guru BHS. Inggris
GT
9.
ARI PURWATI, SE
KEDIRI,02-05-1978
P
S.1
Guru kelas VI
GT
10.
HARNANIK FITRIATI, S.Pd
KEDIRI,13-08-1980
NIP. 198008132007102004
Penata Muda  III/a
P
S.1
Guru kelas V
PNS
11.
MASRUROH
KEDIRI,04-08-1967
P
PGA
Guru kelas II
GT
12.
ALIS EKO WAHYUDI, SE
KEDIRI,01-05-1982
L
S.1
Guru IPA
GT
13.
ANDIK HARNOKO
KEDIRI, 26-11-1964
L
SMA
Cleaning Servis
PT
14.
SUTARYONO, S.Pd
KEDIRI, 16-4-1964
NIP. 196404161987031019
Penata  Tk. I IIId
L
S.1
Guru Penjas
PNS
15.
YAHYA EFENDI
KEDIRI, 19-5-1974
L
MA
Guru Pengemb. Diri
GTT

4.      Personalia
No
Status Guru
Pendidikan Guru
Jumlah Total
Juml
S-1
Juml
D-3
Juml
D-2
Juml
D-1
Juml SLTA

1
Guru Tetap Yayasan
7
-
-
-
2
9

2
Guru Tidak Tetap Yayasan
-
-
-
-
-
-

3
Guru PNS diperbantukan (DPK)
5
-
-
-
-
5
4
Penjaga sekolah
-
-
-
-
1
1




5.      Sistem kurikulum
NO
KOMPONEN
ALOKASI WAKTU KTSP
1
2
3
4,
5
6
A
Mata Pelajaran
b. siti
b. nurul
p.alis
p. Karom
b. pur
p. ilyas
25 
25 
25 
 25
25
26 
1
Pendidikan Agama






a. Aqidah Akhlak
2
2
2
2
2
2
b. Fiqih
2
2
2
2
2
2
c. Al Qur’an – Hadits
2
2
2
2
2
2
d. S K I
-
-
2
2
2
2
2
Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
2
2
3
Bahasa Indonesia
4
4
4
5
5
5
4
Bahasa Arab
1
1
2
2
2
2
5
Matematika
4
4
5
6
6
6
6
Ilmu Pengetahuan Alam
3
3
4
5
5
5
7
Ilmu Pengetahuan Sosial
2
2
4
4
4
4
8
Seni Budaya dan Ketrampilan
2
2
2
2
2
2
9
Pendidikan Jasmani, olah raga, kesehatan
3
3
4
4
4
4
B
Mulok






a. Bahasa Jawa
2
2
2
2
2
2
b. Bahasa Inggris
2
2
2
2
2
2
c. Komputer
1
1
1
1
1
1
d. Aswaja
1
1
1
e. Tadarus
1
1
1
1
1
1
C
Pengembangan Diri
2*
2*
2*
2*
2*
2*


33
33
41
45
45
45
Jumlah dari jadwal
33
33
45
48
48
48


6.      Ekstrakurikulum
No
Kegiatan Pengemb. Diri
Pembina + Pendamping
Hari
Jam ke
Peserta
1
Baca tulis al qur’an
Kls. 1 b. siti,   b. fitri
Kls. 2 b. nurul,  b. ari p
Sabtu
1 2
Kls. 1-2
2
Bola voli
p. sutar
Sabtu 1
1-2
Pilihan 6 anak pa dn pi

Bola basket
p. sutar
Sabtu  2
1-2
Pilihan
3
Rebana
p. yahya effendi  p.ilyas
Sabtu
1 2
Pilihan
4
Pramuka
p. mukarom + p. alis
Sabtu
3-4
Kls 3-6
5
Lukis warnai
Pembina + b. pur
Flexible

Yang minat
6
Drum band
Pembina + p. alis + b. ari p
Flexible

Pilihan
7
Seni baca al qur’an
b. masruroh
Sabtu
1-2
Yang minat
8
Bhs. Arab
p. sadullah
Minggu

Kls 4-6
9
Baca tulis kls. 1-3
b. siti b. nurul
3 x seminggu

Kls 1-3
10
Bimbel kls 6

Tiap hari

Kls. 6
11
Seni tari
b. Masruroh + b. fitri
Sabtu
3-4
Pilihan

Siswa prestasi
Mat. : p. mukarom
Bi : b. ari p.
Ipa : P. alis
Sabtu
1-2
Kls 4-5

Lagu Indonesia raya
Dn mengheningk cipta
b. masruroh + b. fitri
Sabtu
3-4
Kls. 3



7.      Jumlah siswa

Kelas
perempuan
Laki-laki
Jumlah
1
12
14
26
2
13
16
29
3
10
3
13
4
6
10
16
5
7
7
14
6
8
8
16
Jumlah total
114

8.      Sarana dan prasarana
No
Gedung/Ruang
Jumlah
Luas
(m2)
Status
Ket
1
Ruang Kelas
6
325


2
Laboratorium
-
-


3
Perpustakaan
1
56


4
Komputer
-
-


5
Keterampilan
-
-


6
Kesenian
-
-


7
Musholla/Masjid
1
90


8
Kamar mandi/WC Guru
1
7


9
Kamar mandi/WC Siswa
2
14


10
Ruang Guru
1
36


11
Ruang Kepala Madrasah
1
15


12
Ruang Tamu
-
-


13
Ruang UKS
-
-


14
Ruang BP/BK
-
-



B.     SEKOLAH KEDUA
1.      Alamat
a.       Nama Madrasah                : MI RAUDLATUT THALABAH
b.      Alamat                              : KOLAK WONOREJO         
a) Jalan/Desa               : JL. Raya Kolak Wonorejo Ngadiluwih Kediri 641717 Telp./                              F                                    Fax (0354) 478755 - 477648
            b) Kecamatan              : NGADILUWIH
            c) Kota                                    : KAB. KEDIRI
d.   Didirikan                           : Tahun 1963
c.       SK Pendirian                     : Lm/3c/314c/b/1984

2.      Manajemen sekolah
a.       Visi MI Roudlotut Tholabah
TERBENTUKNYA INSAN YANG BERIMTAQ, BERPRESTASI, BERAKHLAQUL KARIMAH DAN BERBUDAYA
Indikator visi :
1.      Menjadikan ajaran-ajaran dan nilai-nilai Islam sebagai pandangan hidup, sikap hidup dan keterampilan hidup dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Memiliki daya saing dalam  prestasi Ujian Nasional
3.      Memiliki daya saing dalam  memasuki madrasah / sekolah  yang lebih favorit.
4.      Memiliki daya saing dalam  prestasi  mapel  Matematika, IPA, Agama pada  tingkat kecamatan,  kabupaten,  propinsi atau  nasional.
5.      Memiliki daya saing dalam  prestasi seni dan olah raga.
6.      Memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan.
7.      Mengembangkan suasana lingkungan pergaulan  yang  islami.
8.      Memiliki kemandirian, kemampuan beradaptasi dan survive di lingkungannya.
9.      Memiliki lingkungan  madrasah yang  nyaman dan kondusif  untuk  belajar
10.  .Menjadi  madrasah pilihan utama dan pertama di masyarakat.
b.      Misi MI Roudlotut Tholabah
Bertolak dari visi dan indikator-indikatornya tersebut di atas, maka rumusan misi MI Roudlotut Tholabah Wonorejo adalah sebagai berikut:
1.    Menumbuhkembangkan sikap, perilaku dan amaliah keagamaan di Madrasah.
2.    Menumbuhkan semangat belajar ilmu umum maupun ilmu agama Islam.
3.   Melaksanakan bimbingan dan pembelajaran secara aktif, kreatif menyenangkan, sehingga setiap siswa dapat berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki.
4.   Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif dan sehat kepada seluruh warga madrasah baik dalam proses akademik maupun non akademik
5.    Menciptakan lingkungan madrasah yang sehat, bersih dan indah.
6.   Mendorong, membantu dan memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan, bakat dan minatnya, sehingga dapat dikembangkan secara lebih optimal dan memiliki daya saing yang tinggi.
7.    Mengembangkan life-skills dalam setiap aktivitas pendidikan.
8.    Mengembangkan sikap kepekaan terhadap lingkungan.
9.   Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga Madrasah, Komite Madrasah dan stakeholders dalam pengambilan keputusan.
10.  Mengembangkan  budi  pekerti luhur dengan  mengedepankan  budaya  dan nilai-nilai islami.
11.  Mewujudkan Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

c.       Tujuan MI Roudlotut Tholabah
            Pada tahun 2012/2013  terjadi peningkatan kuantitas murid dan kualitas sikap dan praktik kegiatan  amaliah  keagamaan Islam warga madrasah dari pada sebelumnya.
Pada tahun 2012/2013  dapat dapat  menaika            n  nilai Ujian Nasional ( UN ) dan UAMBN dengan nilai yang lebih baik.
Pada tahun 2012 / 2013  kwalitas dan  kwantitas sarana prasarana meningkat sehingga prestasi akademik dan non akademik meningkat.
Pada tahun 2012/2013  siswa kelas IV-VI dapat menguasai program word dan program exel 75 %.
Pada tahun 2012/2013  Nilai Ujian Nasional  masuk 5 besar SD / MI se Kabupaten Kediri.
Pada tahun Pelajaran 2012 /2013  siswa terampil menggunakan Bahasa Jawa dengan baik sebagai usaha melestarikan budaya daerah , baik secara lisan maupun tulisan.
Pada tahun 2012/2013  kemampuan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris meningkat sehingga dapat menjadi MC dan Pidato 2 bahasa tersebut.
Pada tahun 2012 /2013  mempunyai tim seni rebana dan javin  yang mampu tampil di masyarakat dan minimal tampil pada acara setingkat kecamatan.
Pada tahun 2016  dapat mempertahankan status akreditasi A (unggul).
Pada tahun pelajaran 2012 / 2013  dapat menjuarai olimpiade IPA, Matematika dan Agama tingkat kabupaten dan mewakili ke tingkat propinsi.
Pada tahun pelajaran 2012/2013 tim marching band dapat berprestasi di tingkat karisidenan Kediri.

3.      Personalia
No
Status Guru
Pendidikan Guru
Jumlah Total
Juml
S-2
Juml
S-1
Juml
D-2
Juml
D-1
Juml SLTA

1
Guru Tetap Yayasan

13
2
-
1
16
2
Kepala madrasah

1



1

3
Guru Tidak Tetap Yayasan
-
-
-
-
-
-

4
Guru PNS diperbantukan (DPK)
1
1
-
-
-
2
5
Penjaga sekolah
-
-
-
-
-
-

4.      Struktur Organisasi Sekolah
No.
Nama/NIP
Jenis Guru
Tugas Mengajar
KET.
1.
M. Mahsun, S.Pd.I
Guru Kelas
MM6, SKI 6 A
Kepala Madrasah
2.
Jadit, A.Ma
Guru Kelas
Guru Kelas 6 B
Wali Kelas VI B
3.
S. Khanah, S.Ag
Guru Mapel
SKI 3-5, b.Jawa II A

4.
Rifatul Mudliah, S.Ag
Guru Kelas
Guru Kelas 4 B
Wali Kelas IV B
5.
Aslihah, S.Pd.I
Guru Kelas
Guru Kelas 2 B
Wali Kelas II B
6.
Nurul Hasanah, S.Pd.I
Guru Kelas
Guru Kelas 5 A
Wali Kelas V A
7.
M.Iqbal Muntaha, S.Pd.I
Guru Kelas
Guru Kelas 2 A
Wali Kelas II A
8.
Udkhulul Janatul Ma’wa, S.Pd.I
Guru Kelas
Guru Kelas 3 A
Wali Kelas III A
9.
Nita Sholihati, S.Pd.I
Guru Mapel
B.Inggris 1-6 dan TIK 5A - 6A, Akhidah akhlak 2 B
Wali Kelas IV A
10.
Ahmad Yani, S.Pd.SD
Guru Mapel
OR 1-6, Akhidah akhlak II A

11.
Ida Masrurotin, S.Th.I
Guru Kelas
Guru Kelas 1 A
Wali Kelas I A
12.
Dra. Fadilah
Guru Kelas
Guru Kelas 1 B
Wali Kelas I B
13.
Sumaidi, A.Ma
Guru Mapel
Guru Kelas 3 B
Wali Kelas III B
14.
Suryadi, S.Pd.I
Guru Kelas
Guru Kelas 5 B
Wali Kelas V B
15.
Mamduh Slim
Guru Mapel
Mapel Agama dan Mulok
Tata Usaha
16.
Lailatul Qodriyah, S.Pd
Guru Mapel
Kertakes 1-6, IPS 2 A
Pembina Ekskul Seni
17.
Sofaul Asror, S.Pd
Guru Kelas
Guru Kelas 6 A
Wali Kelas VI A
18.
M. Fahmi Fasya, S.Pd
Guru Mapel
Mapel Agama

19.
KH. Anizar
Guru Mapel
MM 3-4 A, b.Inggris 3 A-B


5.      Sistem Kurikulm
System kurikulum MI Roudatut tholabah menggunakan system KTSP. Kurikulum MI Roudlotut Tholabah tahun pelajaran 2012 / 2013
NO
KOMPONEN
KELAS dan ALOKASI WAKTU
1
2
3
4
5
6
A.
Mata Pelajaran






1.
Pendidikan Agama Islam







a. Qur’an dan Hadits
2
2
2
2
2
2

b. Aqidah Akhlaq
2
2
2
1
1
1

c. Fiqih
2
2
2
1
1
1

d. SKI
-
-
2
2
2
2
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
Tematik
2
2
2
3.
Bahasa Indonesia
Tematik
5
5
5
4.
Bahasa Arab
-
-
-
3
3
3
5.
Matematika
Tematik
7
7
7
6.
Ilmu Pengetahuan Alam
Tematik
5
5
5
7.
Ilmu Pengetahuan Sosial
Tematik
3
3
3
8.
Seni Dudaya dan Ketrampilan
Tematik
2
2
2
9.
Pend. Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
2
2
2
2
2
2
B.
Muatan Lokal







a. Bahasa Jawa
2
2
2
2
2
2

b. Bahasa Inggris
2
2
2
2
2
2

c. Komputer
-
-
-
2
2
2
C.
Pengembangan Diri
1
1
1
1
1
1
JUMLAH
31
31
42
42
42
42

6.      Eksrakurikuler
             Pengembangan Diri
Meliputi beragam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakat siswa, yang terdiri atas :
a.       Pelayanan Konseling
Layanan konseling ini akan dilakukan oleh BP dalam bentuk pelayanan berupa :
Bimbingan bersosial dan adaptasi dengan lingkungan belajar / madrasah.
Bimbingan meningkatkan kemampuan belajar.
Konseling Masalah kesulitan belajar peserta didik.
Konseling madrasah dalam kehidupan sosial peserta didik.
Sasaran dari pelayanan konseling ini adalah semua siswa mulai dari kelas I sampai kelas VI.
b.      Kelompok Ilmiah Anak (KIA) MIPA dan Pendidikan Agama Islam
Tujuan dari KIA adalah :
Melatih peserta didik berfikir kritis dan ilmiah.
Melatih peserta didik terampil dalam menulis.
Melatih peserta didik mengkomunikasikan hasil temuannya kepada anak lain.
Melatih peserta didik melakukan penelitian ilmiah.
Sasaran dari kegiatan ini lebih ditujukan kepada peserta didik kelas III sampai dengan kelas V.
c.       Pramuka
Tujuan dalam pramuka adalah :
Sebagai wahana bagi peserta didik mengembangkan jiwa, kepanduan, cinta tanah air, berorganisasi.
Melatih peserta didik untuk terampil.
Sasaran dari kegiatan pramuka ini adalah kelas III dan VI.
d.      Seni Baca Al-Qur’an
Tujuan dari diadakannya seni baca Al-Qur’an adalah :
Menghargai dan menghormati kitab sucinya.
Menumbuhkembangkan sifat cinta terhadap agama khususnya pada kitab Suci Al-Qur’an.
Melestarikan budaya Islami.
Sasaran kegiatan ini adalah kelas III s.d kelas VI.
e.       Seni Musik Rebana dan Javin
Tujuan seni musik adalah :
Melestarikan budaya Islam.
Memberikan bekal kecakapan hidup berupa seni qosidah.
Menumbuhkembangkan sifat cinta terhadap budaya Islam.
Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas III s.d kelas VI.
f.       Pendidikan Kesehatan Sekolah (PKS)
Tujuan dari kegiatan ini adalah :
Mempersiapkan peserta didik untuk peduli terhadap kesehatan sekolah dan orang lain.
Menjadi garda terdepan terhadap kedisiplinan anak.
Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas III  s.d kelas V
g.      Olah Raga
Tujuan dari kegiatan ini adalah :
Mengembangkan bakat peserta didik di bidang olah raga.
Membiasakan pola hidup sehat jasmani dan rohani.
Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas III s.d kelas IV. Yang diprioritaskan bagi siswa agar disiplin waktu.  
h.      Kegiatan Pembiasaan
Merupakan proses pembiasaan meliputi : Membaca Surat Yasin dan surat-surat pilihan, peringatan hari besar Islam (Pesantren Ramadhan), penampakan akhlaq Islami misalnya, membiasakan membaca Asmaul Khusna, berbaris sebelum masuk, membudayakan pengucapan salam, membudayakan mencium tangan terhadap orang tua dan guru, makan dan minum tidak sambil berdiri, menjaga kebersihan pribadi, pakaian dan lingkungan.
7.      Jumlah Siswa
Tahun demi tahun Madrasah Ibtidaiyah Roudlatut Tholabah  kelihatan semakin  maju dari segi jumlah maupun kualitas, terutama setelah mengikuti kurikulum Kementrian Agama dan Kurikulum Kemendiknas. Pada Tahun Pelajaran 2012/2013  ini jumlah murid MI sebagai berikut :
No
Kelas
Jumlah Siswa
Jumlah Rombel
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
1
I
27
22
49
2
2
II
30
21
51
2
3
III
30
20
50
2
4
IV
27
18
45
2
5
V
28
24
52
2
6
VI
28
31
59
2
Jumlah
170
136
306
12

      Dari siswa sebanyak 306 tersebut dikelompokkan dalam 12 rombongan belajar yang  meliputi : kelas I sampai kelas VI masing-masing 2 rombongan belajar .




8.      Sarana Dan Prasarana
No.
Gedung/Ruang
Jumlah
Kondisi
Ket
1
Ruang  Kelas
11
Baik

2
Laboratorium
1
Baik

3
Perpustakaan
1
Baik

4
Lab. Computer
1
Baik

5
Keterampilan
0
-

6
Kesenian
0
-

7
Musholla
1
Baik

8
Kamar mandi/wc guru
1
Baik

9
Kamar mandi/wc siswa
6
Baik

10
Ruang Guru
1
Baik

11
Ruang Kepala Madrasah
1
Baik

12
Ruang Tamu
0
-

13
Ruang UKS
0
-

14
Ruang BP/BK
0
-


C.     ANALISA
1.      Persamaan antara sekolah mi tolabah dan mifa
a.       Manajemen sekolah
1. Visi: keduanya sama-sama bertujuan untuk menjadikan siswa yang beriman dan bertaqwa serta berakhlakul karimah.
2. Misi: mengimplikaskan dari bentuk imtaq dalam kehidupan sehari-hari
b.      Personalia: terdiri dari guru-guru yayasan, pns, ada yang belum sarjana.
c.       Struktur organisasi sekolah: begitu singkat dan di bawah naungan yayasan
d.      Sistem kurikulum: menggnakan sisitem kurikulum KTSP, kurikulum muloknya meliputi bahasa jawa, inggris, computer.
e.       Ekstrakurikuler: ada ekstra pramuka, olahraga, rebana, seni baca al quran.
f.       Jumlah siswa: dalam satu kelas tercampur antar siswa laki-laki dan perempan, satu kelas tidak sampai 40 anak.
g.      Sarana dan prasarana: tidak adanya ruang tamu, uks, serta BP/BK.

2.      Perbedaan
1.      Manajemen 
a.       Visi: MI tolabah lebih luas dari pada Mifa dalam hal visi, yakni selain berimtaq dan berakhlak juga berprestasi dan berbudaya
b.      Misi: MI Tolabah lebih luas dalam implementasinya, Tolabah berorientasi luas ke budaya serta masyarakat.
c.       Tujuan: Mifa lebih ke proses pembelajaran seang Tolabah lebih ke hasil pembelajaran
2.      Personalia: mifa penjaganya 1, sedang Tolabah satu untuk semua yayasan. Guru Tolabah lebih banyak dari pada Mifa. Guru PNs Mifa lebih banyak dari pada Tolabah.
3.      Struktur Organisasi
4.      Sistem kurikulum: mifa pelajaran muloknya ada tamnbahan aswaja dan tadaraus. Pengembangan diri 2 jam sedang Tolabah hanya 1 jam
5.      Ekstrakurikuler: mifa ada drum band, lukis warna, bahasa arab seni tari.
6.      Jumlah siswa: tolabah jumlah siswanya lebih banyak, dan jumlah rombelnya ada 12. Sedang mifa hanya 6.

7.      Saran dan prasarana: jumlah ruangan untuk tolabah lebih banyak dari pada Mifa. Dan Tolabah punya Lab. Computer.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar