A. SEKOLAH
PERTAMA
1.
Alamat sekolah pertama
a.
Nama
Madrasah : MI Miftahul
Falaah
b.
Alamat
1) Jalan/Desa : Jl. Sersan Suharmaji Gg.VII No.113
/ Manisrenggo
2) Kecamatan : Kota
3) Kota : Kediri
c. Didirikan : Tahun 1949
d.
SK
Pendirian :
D/Mm.32/MI/0023/1993
e.
Status
Tanah : Milik Yayasan
1)
Surat
Kepemilikan Tanah : Wakaf, Hibah, Pembelian.
2)
Luas
Tanah : 845 m2
2.
Manajemen sekolah
1.
Visi
Sekolah
Membentuk manusia yang beriman, berilmu, dan berakhlakul
karimah.
Indikator :
a. Unggul
dalam aktifitas keagamaan.
b. Memperoleh
nilai ujian yang baik.
c. Selalu
mengikuti perkembangan jaman.
d.
Berpikir,
bertutur, dan bertindak berdasarkan nilai-nilai luhur agama dan budaya.
2.
Misi
Sekolah
a.
Menyiapkan
manusia yang menguasai Iptek berlandaskan Imtaq.
b.
Menumbuh
kembangkan motivasi siswa lebih aktif, kreatif, dan inovatif sesuai perkembangan
zaman.
c.
Menumbuhkan
penghayatan terhadap ajaran agama dan budaya bangsa.
d.
Menumbuhkan
semangat berprestasi.
|
3. Tujuan Madrasah
Ibtidaiyah
Meningkatkan
kualitas untuk mengacu pada rumusan visi dan misi, maka tujuan pendidikan.
a.
Meningkatkan
kualitas tenaga kependidikan untuk mendukung KBM.
b.
Melaksanakan
PBM yang mengarah pada program pembelajaran berbasis kompetensi dengan
pendekatan PAKEMI.
c.
Meningkatkan
pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler
yang sesuai dengan potensi dan minat siswa.
d. Menciptakan
manajemen partisipatif terhadap seluruh stakeholders.
e. Menciptakan
suasana lingkungan belajar yang Islami.
3.
Struktur
Organisasi Sekolah
No. Urut
|
-
Nama
-
Tempat/Tgl. Lahir
-
NIP
-
Pangkat Golongan
|
L/P
|
Ijazah
Tertinggi
|
Jabatan
|
Status
Peg.
|
|
1.
|
FATHUL ULUM, S.Ag
KEDIRI, 07-03-67
NIP.
196703071991031005
Pembina (IV A)
|
L
|
S.1
|
Kepala
Madrasah
|
PNS
|
|
2.
|
ILYAS, S.Pd.I
KEDIRI,03-01-1971
NIP. 197101032005011002
Penata Muda (III a)
|
L
|
S.1
|
Guru
kelas VI
|
PNS
|
|
4.
|
SA’DULLAH
KEDIRI,26-06-1959
|
L
|
ALIYAH
|
Guru
Agama
|
GT
|
|
5.
|
SITI ASIYAH, S.Pd.I
KEDIRI,09-05-1970
|
P
|
S.1
|
Guru
Kelas I
|
GT
|
|
6.
|
NURUL AZIZAH, S.Pd.I
KEDIRI,06-07-1970
|
P
|
S.1
|
Guru
Agama
|
GT
|
|
7.
|
AKHMAD MUKAROM, S.Pd
KEDIRI,27-11-1978
|
L
|
S.1
|
Guru
MTK
|
GT
|
|
8.
|
ARIF WIDODO, S.Pd
KEDIRI,02-05-1978
|
L
|
S.1
|
Guru
BHS. Inggris
|
GT
|
|
9.
|
ARI PURWATI, SE
KEDIRI,02-05-1978
|
P
|
S.1
|
Guru
kelas VI
|
GT
|
|
10.
|
HARNANIK FITRIATI, S.Pd
KEDIRI,13-08-1980
NIP. 198008132007102004
Penata Muda III/a
|
P
|
S.1
|
Guru
kelas V
|
PNS
|
|
11.
|
MASRUROH
KEDIRI,04-08-1967
|
P
|
PGA
|
Guru
kelas II
|
GT
|
|
12.
|
ALIS EKO WAHYUDI, SE
KEDIRI,01-05-1982
|
L
|
S.1
|
Guru
IPA
|
GT
|
|
13.
|
ANDIK HARNOKO
KEDIRI, 26-11-1964
|
L
|
SMA
|
Cleaning
Servis
|
PT
|
|
14.
|
SUTARYONO, S.Pd
KEDIRI, 16-4-1964
NIP. 196404161987031019
Penata Tk. I IIId
|
L
|
S.1
|
Guru
Penjas
|
PNS
|
|
15.
|
YAHYA EFENDI
KEDIRI, 19-5-1974
|
L
|
MA
|
Guru
Pengemb. Diri
|
GTT
|
4.
Personalia
No
|
Status Guru
|
Pendidikan Guru
|
Jumlah Total
|
||||
Juml
S-1
|
Juml
D-3
|
Juml
D-2
|
Juml
D-1
|
Juml SLTA
|
|||
1
|
Guru Tetap Yayasan
|
7
|
-
|
-
|
-
|
2
|
9
|
2
|
Guru Tidak Tetap Yayasan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3
|
Guru PNS diperbantukan (DPK)
|
5
|
-
|
-
|
-
|
-
|
5
|
4
|
Penjaga sekolah
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
5.
Sistem
kurikulum
NO
|
KOMPONEN
|
ALOKASI WAKTU KTSP
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4,
|
5
|
6
|
||
A
|
Mata Pelajaran
|
b. siti
|
b. nurul
|
p.alis
|
p. Karom
|
b. pur
|
p. ilyas
|
25
|
25
|
25
|
25
|
25
|
26
|
||
1
|
Pendidikan Agama
|
|
|
|
|
|
|
a. Aqidah Akhlak
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
b. Fiqih
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
c. Al Qur’an – Hadits
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
d. S K I
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
2
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
5
|
5
|
5
|
4
|
Bahasa Arab
|
1
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
5
|
Matematika
|
4
|
4
|
5
|
6
|
6
|
6
|
6
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
3
|
3
|
4
|
5
|
5
|
5
|
7
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
8
|
Seni Budaya dan Ketrampilan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
9
|
Pendidikan Jasmani, olah raga, kesehatan
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
B
|
Mulok
|
|
|
|
|
|
|
a. Bahasa Jawa
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
b. Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
c. Komputer
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
d. Aswaja
|
1
|
1
|
1
|
||||
e. Tadarus
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
C
|
Pengembangan Diri
|
2*
|
2*
|
2*
|
2*
|
2*
|
2*
|
|
|
33
|
33
|
41
|
45
|
45
|
45
|
Jumlah dari jadwal
|
33
|
33
|
45
|
48
|
48
|
48
|
6.
Ekstrakurikulum
No
|
Kegiatan Pengemb.
Diri
|
Pembina
+ Pendamping
|
Hari
|
Jam ke
|
Peserta
|
1
|
Baca tulis al qur’an
|
Kls. 1 b. siti, b. fitri
Kls. 2 b. nurul, b. ari p
|
Sabtu
|
1 2
|
Kls. 1-2
|
2
|
Bola voli
|
p. sutar
|
Sabtu 1
|
1-2
|
Pilihan 6 anak pa dn
pi
|
|
Bola basket
|
p. sutar
|
Sabtu 2
|
1-2
|
Pilihan
|
3
|
Rebana
|
p. yahya effendi p.ilyas
|
Sabtu
|
1 2
|
Pilihan
|
4
|
Pramuka
|
p. mukarom + p. alis
|
Sabtu
|
3-4
|
Kls 3-6
|
5
|
Lukis warnai
|
Pembina + b. pur
|
Flexible
|
|
Yang minat
|
6
|
Drum band
|
Pembina + p. alis +
b. ari p
|
Flexible
|
|
Pilihan
|
7
|
Seni baca al qur’an
|
b. masruroh
|
Sabtu
|
1-2
|
Yang minat
|
8
|
Bhs. Arab
|
p. sadullah
|
Minggu
|
|
Kls 4-6
|
9
|
Baca tulis kls. 1-3
|
b. siti b. nurul
|
3 x seminggu
|
|
Kls 1-3
|
10
|
Bimbel kls 6
|
|
Tiap hari
|
|
Kls. 6
|
11
|
Seni tari
|
b. Masruroh + b.
fitri
|
Sabtu
|
3-4
|
Pilihan
|
|
Siswa prestasi
|
Mat. : p. mukarom
Bi : b. ari p.
Ipa : P. alis
|
Sabtu
|
1-2
|
Kls 4-5
|
|
Lagu Indonesia raya
Dn mengheningk cipta
|
b. masruroh + b.
fitri
|
Sabtu
|
3-4
|
Kls. 3
|
7.
Jumlah siswa
Kelas
|
perempuan
|
Laki-laki
|
Jumlah
|
1
|
12
|
14
|
26
|
2
|
13
|
16
|
29
|
3
|
10
|
3
|
13
|
4
|
6
|
10
|
16
|
5
|
7
|
7
|
14
|
6
|
8
|
8
|
16
|
Jumlah total
|
114
|
8.
Sarana dan prasarana
No
|
Gedung/Ruang
|
Jumlah
|
Luas
(m2)
|
Status
|
Ket
|
1
|
Ruang Kelas
|
6
|
325
|
|
|
2
|
Laboratorium
|
-
|
-
|
|
|
3
|
Perpustakaan
|
1
|
56
|
|
|
4
|
Komputer
|
-
|
-
|
|
|
5
|
Keterampilan
|
-
|
-
|
|
|
6
|
Kesenian
|
-
|
-
|
|
|
7
|
Musholla/Masjid
|
1
|
90
|
|
|
8
|
Kamar mandi/WC Guru
|
1
|
7
|
|
|
9
|
Kamar mandi/WC Siswa
|
2
|
14
|
|
|
10
|
Ruang Guru
|
1
|
36
|
|
|
11
|
Ruang Kepala Madrasah
|
1
|
15
|
|
|
12
|
Ruang Tamu
|
-
|
-
|
|
|
13
|
Ruang UKS
|
-
|
-
|
|
|
14
|
Ruang BP/BK
|
-
|
-
|
|
|
B. SEKOLAH
KEDUA
1. Alamat
a.
Nama
Madrasah : MI RAUDLATUT THALABAH
b.
Alamat : KOLAK WONOREJO
a)
Jalan/Desa : JL. Raya Kolak
Wonorejo Ngadiluwih Kediri 641717 Telp./ F Fax (0354)
478755 - 477648
b)
Kecamatan : NGADILUWIH
c) Kota : KAB. KEDIRI
d. Didirikan : Tahun 1963
c.
SK
Pendirian :
Lm/3c/314c/b/1984
2. Manajemen sekolah
a. Visi
MI Roudlotut Tholabah
”TERBENTUKNYA
INSAN YANG BERIMTAQ, BERPRESTASI, BERAKHLAQUL
KARIMAH DAN BERBUDAYA ”
Indikator visi :
1. Menjadikan ajaran-ajaran dan nilai-nilai
Islam sebagai pandangan hidup, sikap hidup dan keterampilan hidup dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Memiliki daya saing dalam prestasi Ujian Nasional
3. Memiliki daya saing dalam memasuki madrasah / sekolah yang lebih favorit.
4. Memiliki daya saing dalam prestasi mapel Matematika, IPA, Agama pada tingkat kecamatan, kabupaten,
propinsi atau nasional.
5. Memiliki daya saing dalam prestasi seni dan olah raga.
6. Memiliki kepedulian yang tinggi
terhadap lingkungan.
7. Mengembangkan
suasana lingkungan pergaulan yang islami.
8. Memiliki kemandirian, kemampuan
beradaptasi dan survive di lingkungannya.
9. Memiliki lingkungan madrasah yang nyaman dan kondusif untuk belajar
10. .Menjadi madrasah pilihan utama dan pertama di
masyarakat.
b.
Misi MI Roudlotut Tholabah
Bertolak dari visi dan
indikator-indikatornya tersebut di atas, maka rumusan
misi MI Roudlotut
Tholabah Wonorejo adalah sebagai berikut:
1.
Menumbuhkembangkan sikap, perilaku dan
amaliah keagamaan di Madrasah.
2.
Menumbuhkan semangat belajar ilmu umum maupun ilmu agama Islam.
3.
Melaksanakan bimbingan dan pembelajaran
secara aktif, kreatif menyenangkan, sehingga setiap siswa dapat berkembang
sesuai dengan potensi yang dimiliki.
4.
Menumbuhkan semangat keunggulan secara
intensif dan sehat kepada seluruh warga madrasah
baik dalam proses akademik maupun non akademik
5.
Menciptakan lingkungan madrasah yang sehat, bersih dan indah.
6.
Mendorong, membantu dan memfasilitasi
siswa untuk mengembangkan kemampuan, bakat dan minatnya, sehingga dapat
dikembangkan secara lebih optimal dan memiliki daya saing yang tinggi.
7.
Mengembangkan life-skills dalam setiap
aktivitas pendidikan.
8.
Mengembangkan sikap kepekaan terhadap
lingkungan.
9.
Menerapkan manajemen partisipatif dengan
melibatkan seluruh warga Madrasah, Komite Madrasah dan stakeholders dalam
pengambilan keputusan.
10. Mengembangkan
budi pekerti luhur dengan mengedepankan
budaya dan nilai-nilai islami.
11. Mewujudkan
Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang mendapatkan kepercayaan dari
masyarakat.
c. Tujuan
MI Roudlotut Tholabah
Pada tahun 2012/2013
terjadi peningkatan kuantitas murid dan kualitas sikap dan praktik kegiatan amaliah
keagamaan
Islam warga madrasah dari pada sebelumnya.
Pada tahun 2012/2013 dapat dapat menaika n nilai Ujian Nasional ( UN ) dan UAMBN dengan nilai yang lebih baik.
Pada tahun 2012 / 2013 kwalitas dan kwantitas
sarana prasarana meningkat sehingga prestasi akademik dan non akademik
meningkat.
Pada tahun 2012/2013 siswa kelas IV-VI dapat menguasai
program word dan program exel 75
%.
Pada tahun 2012/2013 Nilai Ujian Nasional masuk 5 besar SD / MI se Kabupaten Kediri.
Pada tahun
Pelajaran 2012
/2013 siswa terampil menggunakan Bahasa Jawa dengan baik
sebagai usaha melestarikan budaya daerah , baik secara lisan maupun tulisan.
Pada tahun 2012/2013 kemampuan
Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
meningkat sehingga dapat menjadi MC dan Pidato 2 bahasa tersebut.
Pada tahun 2012 /2013 mempunyai tim
seni rebana dan javin yang mampu tampil di masyarakat dan minimal
tampil pada acara setingkat kecamatan.
Pada tahun 2016 dapat mempertahankan status akreditasi A
(unggul).
Pada tahun pelajaran 2012 / 2013
dapat menjuarai olimpiade IPA, Matematika dan Agama tingkat kabupaten dan mewakili ke tingkat
propinsi.
Pada tahun
pelajaran 2012/2013 tim marching band dapat berprestasi di tingkat karisidenan
Kediri.
3. Personalia
No
|
Status Guru
|
Pendidikan Guru
|
Jumlah Total
|
||||
Juml
S-2
|
Juml
S-1
|
Juml
D-2
|
Juml
D-1
|
Juml SLTA
|
|||
1
|
Guru Tetap Yayasan
|
|
13
|
2
|
-
|
1
|
16
|
2
|
Kepala madrasah
|
|
1
|
|
|
|
1
|
3
|
Guru Tidak Tetap Yayasan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Guru PNS diperbantukan (DPK)
|
1
|
1
|
-
|
-
|
-
|
2
|
5
|
Penjaga sekolah
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4.
Struktur
Organisasi Sekolah
No.
|
Nama/NIP
|
Jenis Guru
|
Tugas Mengajar
|
KET.
|
1.
|
M. Mahsun, S.Pd.I
|
Guru Kelas
|
MM6, SKI 6 A
|
Kepala Madrasah
|
2.
|
Jadit, A.Ma
|
Guru Kelas
|
Guru Kelas 6 B
|
Wali Kelas VI B
|
3.
|
S. Khanah, S.Ag
|
Guru Mapel
|
SKI 3-5, b.Jawa II A
|
|
4.
|
Rifatul Mudliah, S.Ag
|
Guru Kelas
|
Guru Kelas 4 B
|
Wali Kelas IV B
|
5.
|
Aslihah, S.Pd.I
|
Guru Kelas
|
Guru Kelas 2 B
|
Wali Kelas II B
|
6.
|
Nurul Hasanah, S.Pd.I
|
Guru Kelas
|
Guru Kelas 5 A
|
Wali Kelas V A
|
7.
|
M.Iqbal Muntaha, S.Pd.I
|
Guru Kelas
|
Guru Kelas 2 A
|
Wali Kelas II A
|
8.
|
Udkhulul Janatul Ma’wa, S.Pd.I
|
Guru Kelas
|
Guru Kelas 3 A
|
Wali Kelas III A
|
9.
|
Nita Sholihati, S.Pd.I
|
Guru Mapel
|
B.Inggris 1-6 dan TIK 5A - 6A,
Akhidah akhlak 2 B
|
Wali Kelas IV A
|
10.
|
Ahmad Yani, S.Pd.SD
|
Guru Mapel
|
OR 1-6, Akhidah akhlak II A
|
|
11.
|
Ida Masrurotin, S.Th.I
|
Guru Kelas
|
Guru Kelas 1 A
|
Wali Kelas I A
|
12.
|
Dra. Fadilah
|
Guru Kelas
|
Guru Kelas 1 B
|
Wali Kelas I B
|
13.
|
Sumaidi, A.Ma
|
Guru Mapel
|
Guru Kelas 3 B
|
Wali Kelas III B
|
14.
|
Suryadi, S.Pd.I
|
Guru Kelas
|
Guru Kelas 5 B
|
Wali Kelas V B
|
15.
|
Mamduh Slim
|
Guru Mapel
|
Mapel Agama dan Mulok
|
Tata Usaha
|
16.
|
Lailatul Qodriyah, S.Pd
|
Guru Mapel
|
Kertakes 1-6, IPS 2 A
|
Pembina Ekskul Seni
|
17.
|
Sofaul Asror, S.Pd
|
Guru Kelas
|
Guru Kelas 6 A
|
Wali Kelas VI A
|
18.
|
M. Fahmi Fasya, S.Pd
|
Guru Mapel
|
Mapel Agama
|
|
19.
|
KH. Anizar
|
Guru Mapel
|
MM 3-4 A, b.Inggris 3 A-B
|
|
5.
Sistem
Kurikulm
System kurikulum MI Roudatut tholabah
menggunakan system KTSP. Kurikulum MI Roudlotut Tholabah tahun pelajaran 2012 / 2013
NO
|
KOMPONEN
|
KELAS
dan ALOKASI WAKTU
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
A.
|
Mata
Pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
Pendidikan
Agama Islam
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Qur’an dan Hadits
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
b.
Aqidah Akhlaq
|
2
|
2
|
2
|
1
|
1
|
1
|
|
c.
Fiqih
|
2
|
2
|
2
|
1
|
1
|
1
|
|
d.
SKI
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2.
|
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
Tematik
|
2
|
2
|
2
|
||
3.
|
Bahasa
Indonesia
|
Tematik
|
5
|
5
|
5
|
||
4.
|
Bahasa
Arab
|
-
|
-
|
-
|
3
|
3
|
3
|
5.
|
Matematika
|
Tematik
|
7
|
7
|
7
|
||
6.
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
Tematik
|
5
|
5
|
5
|
||
7.
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
Tematik
|
3
|
3
|
3
|
||
8.
|
Seni
Dudaya dan Ketrampilan
|
Tematik
|
2
|
2
|
2
|
||
9.
|
Pend.
Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
B.
|
Muatan
Lokal
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Bahasa Jawa
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
b.
Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
c.
Komputer
|
-
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
C.
|
Pengembangan
Diri
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
JUMLAH
|
31
|
31
|
42
|
42
|
42
|
42
|
6.
Eksrakurikuler
Pengembangan Diri
Meliputi
beragam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakat siswa, yang
terdiri atas :
a. Pelayanan
Konseling
Layanan konseling ini akan dilakukan
oleh BP dalam bentuk pelayanan berupa :
Bimbingan bersosial dan
adaptasi dengan lingkungan belajar / madrasah.
Bimbingan meningkatkan
kemampuan belajar.
Konseling Masalah
kesulitan belajar peserta didik.
Konseling madrasah
dalam kehidupan sosial peserta didik.
Sasaran dari pelayanan konseling ini
adalah semua siswa mulai dari kelas I sampai kelas VI.
b. Kelompok
Ilmiah Anak (KIA) MIPA dan
Pendidikan Agama Islam
Tujuan dari KIA adalah :
Melatih peserta didik
berfikir kritis dan ilmiah.
Melatih peserta didik
terampil dalam menulis.
Melatih peserta didik
mengkomunikasikan hasil temuannya kepada anak lain.
Melatih peserta didik
melakukan penelitian ilmiah.
Sasaran dari kegiatan ini lebih
ditujukan kepada peserta didik kelas III sampai dengan kelas V.
c. Pramuka
Tujuan dalam pramuka adalah :
Sebagai
wahana bagi peserta didik mengembangkan jiwa, kepanduan, cinta tanah air,
berorganisasi.
Melatih peserta didik
untuk terampil.
Sasaran dari kegiatan pramuka ini adalah
kelas III dan VI.
d. Seni
Baca Al-Qur’an
Tujuan dari diadakannya seni baca
Al-Qur’an adalah :
Menghargai dan
menghormati kitab sucinya.
Menumbuhkembangkan
sifat cinta terhadap agama khususnya pada kitab Suci Al-Qur’an.
Melestarikan budaya
Islami.
Sasaran kegiatan ini adalah kelas III s.d kelas VI.
e. Seni
Musik Rebana dan Javin
Tujuan seni musik adalah :
Melestarikan budaya
Islam.
Memberikan bekal
kecakapan hidup berupa seni qosidah.
Menumbuhkembangkan
sifat cinta terhadap budaya Islam.
Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas
III s.d kelas VI.
f. Pendidikan
Kesehatan Sekolah (PKS)
Tujuan dari kegiatan ini adalah :
Mempersiapkan
peserta didik untuk peduli terhadap kesehatan sekolah dan orang lain.
Menjadi garda terdepan
terhadap kedisiplinan anak.
Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas
III s.d kelas V
g. Olah
Raga
Tujuan dari kegiatan ini adalah :
Mengembangkan
bakat peserta didik di bidang olah raga.
Membiasakan pola
hidup sehat jasmani dan rohani.
Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas III s.d kelas IV. Yang diprioritaskan bagi siswa agar disiplin waktu.
h. Kegiatan
Pembiasaan
Merupakan proses pembiasaan meliputi :
Membaca Surat Yasin dan surat-surat pilihan, peringatan hari besar Islam
(Pesantren Ramadhan), penampakan akhlaq Islami misalnya, membiasakan membaca
Asmaul Khusna, berbaris sebelum masuk, membudayakan pengucapan salam,
membudayakan mencium tangan terhadap orang tua dan guru, makan dan minum tidak
sambil berdiri, menjaga kebersihan pribadi, pakaian dan lingkungan.
7.
Jumlah
Siswa
Tahun demi tahun
Madrasah Ibtidaiyah Roudlatut Tholabah kelihatan semakin maju dari segi jumlah maupun kualitas, terutama setelah
mengikuti kurikulum Kementrian Agama dan Kurikulum Kemendiknas.
Pada Tahun Pelajaran 2012/2013 ini jumlah murid MI sebagai berikut :
No
|
Kelas
|
Jumlah Siswa
|
Jumlah Rombel
|
||
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
|||
1
|
I
|
27
|
22
|
49
|
2
|
2
|
II
|
30
|
21
|
51
|
2
|
3
|
III
|
30
|
20
|
50
|
2
|
4
|
IV
|
27
|
18
|
45
|
2
|
5
|
V
|
28
|
24
|
52
|
2
|
6
|
VI
|
28
|
31
|
59
|
2
|
Jumlah
|
170
|
136
|
306
|
12
|
Dari siswa sebanyak 306 tersebut
dikelompokkan dalam 12 rombongan belajar yang
meliputi : kelas I sampai kelas VI masing-masing 2 rombongan belajar .
8.
Sarana Dan Prasarana
No.
|
Gedung/Ruang
|
Jumlah
|
Kondisi
|
Ket
|
1
|
Ruang
Kelas
|
11
|
Baik
|
|
2
|
Laboratorium
|
1
|
Baik
|
|
3
|
Perpustakaan
|
1
|
Baik
|
|
4
|
Lab. Computer
|
1
|
Baik
|
|
5
|
Keterampilan
|
0
|
-
|
|
6
|
Kesenian
|
0
|
-
|
|
7
|
Musholla
|
1
|
Baik
|
|
8
|
Kamar mandi/wc guru
|
1
|
Baik
|
|
9
|
Kamar mandi/wc siswa
|
6
|
Baik
|
|
10
|
Ruang Guru
|
1
|
Baik
|
|
11
|
Ruang Kepala Madrasah
|
1
|
Baik
|
|
12
|
Ruang Tamu
|
0
|
-
|
|
13
|
Ruang UKS
|
0
|
-
|
|
14
|
Ruang BP/BK
|
0
|
-
|
|
C. ANALISA
1. Persamaan
antara sekolah mi tolabah dan mifa
a. Manajemen
sekolah
1. Visi: keduanya
sama-sama bertujuan untuk menjadikan siswa yang beriman dan bertaqwa serta
berakhlakul karimah.
2. Misi: mengimplikaskan
dari bentuk imtaq dalam kehidupan sehari-hari
b. Personalia:
terdiri dari guru-guru yayasan, pns, ada yang belum sarjana.
c. Struktur
organisasi sekolah: begitu singkat dan di bawah naungan yayasan
d. Sistem
kurikulum: menggnakan sisitem kurikulum KTSP, kurikulum muloknya meliputi
bahasa jawa, inggris, computer.
e. Ekstrakurikuler:
ada ekstra pramuka, olahraga, rebana, seni baca al quran.
f. Jumlah
siswa: dalam satu kelas tercampur antar siswa laki-laki dan perempan, satu
kelas tidak sampai 40 anak.
g. Sarana
dan prasarana: tidak adanya ruang tamu, uks, serta BP/BK.
2. Perbedaan
1. Manajemen
a. Visi:
MI tolabah lebih luas dari pada Mifa dalam hal visi, yakni selain berimtaq dan
berakhlak juga berprestasi dan berbudaya
b. Misi:
MI Tolabah lebih luas dalam implementasinya, Tolabah berorientasi luas ke
budaya serta masyarakat.
c. Tujuan:
Mifa lebih ke proses pembelajaran seang Tolabah lebih ke hasil pembelajaran
2. Personalia:
mifa penjaganya 1, sedang Tolabah satu untuk semua yayasan. Guru Tolabah lebih
banyak dari pada Mifa. Guru PNs Mifa lebih banyak dari pada Tolabah.
3. Struktur
Organisasi
4. Sistem
kurikulum: mifa pelajaran muloknya ada tamnbahan aswaja dan tadaraus.
Pengembangan diri 2 jam sedang Tolabah hanya 1 jam
5. Ekstrakurikuler:
mifa ada drum band, lukis warna, bahasa arab seni tari.
6. Jumlah
siswa: tolabah jumlah siswanya lebih banyak, dan jumlah rombelnya ada 12.
Sedang mifa hanya 6.
7. Saran
dan prasarana: jumlah ruangan untuk tolabah lebih banyak dari pada Mifa. Dan
Tolabah punya Lab. Computer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar